Rabu, 14 Maret 2012

Pencerahan

Pencerahan itulah kata yang ingin didapatkan oleh setiap orang, masing-masing orang mempunyai keinginan pencerahan dengan kadar yang berbeda-beda.  Pencerahan bisa didapatkan dengan banyak cara, misalnya kita sedang jalan-jalan pagi dan melihat bapak-bapak dengan pakaian sederhana dan karung yang lusuh sedang mencari sampah-sampah plastik dan kertas untuk dikumpulkan dan dijual ke pengumpul barang bekas, ketika melihat kejadian itu dalam hati kita bersyukur karena posisi kita sekarang tidak sama seperti bapak tadi, kita lebih beruntung, tidak harus mengerjakan pekerjaan yang sama untuk mampu bertahan hidup atau lebih.

Apabila posisi kita balik jika seakan-akan kita pada posisi bapak tadi, bagaimana menyikapi keadaan ini, pasti akan muncul berbagai pertanyaan, bagaimana mampu bertahan hidup, bagaimana bisa menyekolahkan anak, bagaimana dengan cicilan rumah, kendaraan, asuransi kesehatan, bagaimana kalau saya sakit, anak sakit, istri sakit, bagaimana kalau orang tua kita sakit, bagaimana mampu membantu orang lain jika untuk diri kita saja tidak cukup.  

Dengan keadaan seperti itu dan melihat keadaan kita sekarang, kita wajib bersyukur karena hal tadi tidak terjadi pada diri kita, tapi apakah bisa terjadi? saya katakan bisa! apabila kita tidak dengan sungguh-sungguh mengelola diri kita untuk tetap bekerja keras, bekerja cerdas, dan terus berusaha memperoleh hasil dengan tindakan (take action!), hal inipun akan memunculkan pertanyaan apakah kita ingin membahagiakan orang-orang disekitar kita, anak-anak kita, orang tua, dan ingin membantu lebih banyak kepada orang yang kurang beruntung.  Jangan lupa untuk tetap berbakti kepada orang tua dan berdoa kepada Tuhan sehingga apa yang sudah kita lakukan benar-benar maksimal.


Semoga hidup kita selalu diberi pencerahan setiap saat, dimanapun dan kapanpun kita berada pencerahan akan selalu ada tergantung dari bagaimana kita menyikapi keadaan sekitar kita, karena banyak potensi yang ada di sekitar kita yang dapat digali lebih dalam.


Salam Pencerahan,


Berbagi Itu indah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar