Selasa, 31 Januari 2012

Kodoke Ngorek

Ini cerita mengenai mobil kodokku yang unik dan antik (kata orang sih hehe...), mobil ini aku dapetin dari Pakde JR, yang mengikhlaskan mobil kodoknya untuk aku pakai walaupun beliau rasanya berat sekali untuk melepaskannya, karena kodok ini sudah setia menemaninya untuk pergi-pergi kesana-sini seperti mancing dengan teman-temannya atau sekedar jalan-jalan. Waktu kodok ini aku beli aku agak nekad juga karena mengambil mobil tua, yang kata orang perawatannya susah, tapi aku tetap aja suka karena bentuknya yang unik dan klasik (cuek dot com hehehe...).

Aku ambil mobil ini di Bandung tepatnya di daerah Rancaekek, nama ini juga baru sekali ini aku dengar, aku pergi sendirian ke sana dengan petunjuk jalan yang mesti dilalui oleh Pakde JR, dengan naik kereta dari Kota Bandung ke Rancaekek. Sesampai di Stasiun Rancaekek aku sudah melihat mobil kodok di pinggir jalan, aku tersenyum melihatnya (kayak orang waras senyum sendiri hehehe...), tapi aku tak melihat orang yang ada di sekitar situ. Setelah aku telpon ternyata Pakde JR di dekat stasiun, aku sedikit kaget melihat Pakde JR karena rupanya sudah agak tua dengan rambut beruban (hehehe.. maaf pakde), karena selama ini saya belum tahu dengan Pakde JR, saya biasanya panggil Mas BRO hehehehe.. panggilan seperti teman akrab saja di telpon. Setelah itu kami ke rumahnya dengan mengendarai si kodok, hehehehe..... ini pengalaman pertama naik kodok, asyik juga (dalam hatiku berkata..wkwkwkwk kayak sinetron euih...) biar ceritanya agak seru ya.

Di rumahnya disambut dengan ramah oleh Pakde JR dan temennya yang sudah berumur juga, aku lupa namanya (kalau nama bapak2 suka lupa hehehehe..) dan Pakde JR pun membuatkan segelas kopi panas (memang sudah ditunggu nih....) sambil ngobrol dan cerita sana-sini akhirnya aku mau pulang bawa si kodok karena sudah mau sore, dari rumah Pakde JR sampai jalan tol aku minta diantar karena aku tidak tahu jalannya, dan Pakde JR pun meminta untuk menyetirnya terakhir kali sebelum aku bawa (kayak perpisahan gitulah...jadi sedih) sesampai di dekat pintu tol Bandung arah Jakarta kami berhenti dan mobil gantian aku bawa sendiri setelah berpamitan dengan Pakde JR dan temennya, aku berjalan perlahan karena baru pertama ini bawa si kodok. Aku lihat dari spion Pakde JR memandangi kodoknya aku bawa sampai masuk ke jalan Tol.

Perjalanan dari Bandung ke Jakarta melalui Tol Cipularang lumayan cepat sekitar 2.5-3 jam, karena aku bawa tidak terlalu kebut, tapi masalah mulai timbul pada saat memasuki Jakarta karena aku tidak tahu jalan di Jakarta, aku coba hubungi teman yang tinggal di Jakarta tapi tidak diangkat-angkat, aku nekad aja masuk berdasarkan rambu/marka/nama jalan di Jakarta, dan di tengah kota temenku tadi telpon lalu aku mampir ke rumahnya setelah melalui jalur jalan yang mesti dilalui yang cukup banyak dan bikin pusing (hehehe.. maklum belum tahu jalannya). Setelah semalam sehari (sesuai dengan harinya hehehe..) di Jakarta aku pulang ke Lampung, dan di kapal penyeberangan Merak rupanya mobil kecil harus di lantai 2, wah pikirku apa kuat si kodok naik, tapi aku coba dulu.. eh ternyata karena jalannya berbelok dan langsung naik kodok tidak sanggup...(hehehehe sempat berkeringat juga nih), akhirnya kata petugas disuruh di bawah aja bareng dengan bus dan truk, dan malahan ditaruh paling depan sehingga turun paling pertama hehehehe... enak juga bisa turun duluan.

Malam itu dari kapal aku rencana mau isi bensin tapi rupanya di Lampung bensin lagi susah dan sudah tengah malam juga, tiga pom habis semua, akhirnya aku nekad saja jalan, dan akhirnya di depan Hotel Novotel si kodok "mogok" karena kehabisan bensin... setelah kucoba2 nggak bisa juga akhirnya si kodok aku titipin sama satpam yang jaga di hotel itu, tapi satpam bilang tidak boleh dibawa masuk karena tidak boleh sama atasannya, ya sudah si kodok aku tinggal di pinggir jalan depan Hotel Novotel. Selama sehari semalam si kodok belum aku ambil, kasihan juga si kodok, setelah itu aku isi bensin tapi nggak mau hidup juga, rupanya ngambek si kodok gara-gara ditinggal hehehehe..., akhirnya aku tarik dengan bantuan mobilnya Agus (juragan pupuk kotoran sapi....) setelah itu aku servis dan jreng... si kodok pun jalan lagi,

Anaku sangat senang dengan si kodok ini, inilah mobil ayah katanya enak kayak kodok hehehehe.. bahkan anak-anak tetangga yang bapaknya punya mobil-mobil yang bagus minta dibeliin kodok juga hehehehe..., tapi tidak dengan istriku, walaupun dia senang tapi dia ngasih komentar wah ini nanti pasti sering mogok karena mobil tua, aku bilang sih nggak jugalah tergantung perawatannya (yang rawat sih bengkel hehehe...), memang si kodok pernah mogok di tengah jalan pas lampu merah pula dan waktu itu sedang bareng istri dan anak-anaku sekitar jam 8 malam, waduh pikirku...mobil-mobil belakang sudah pada nggak sabar dan membunyikan klakson terus, akhirnya aku turun dan menyuruh mereka jalan duluan, lalu aku cari orang untuk dorong ke pinggir, dan kebetulan ada anak-anak punk dan pengamen(anak-anak ABG yang pakaiannya ketat dan hitam-hitam serta rambut model mohak..) aku minta mereka dorong dan mereka pun senang setelah aku kasih duit yang tidak seberapa, dan mereka bilang kalau mogok lagi panggil kita aja bang...hehehehehe. Setelah itu aku panggil bengkel untuk dibawa malam itu juga, besoknya mobil sudah bisa jalan lagi..

Sekarang si kodok sudah tidak pernah mogok lagi dan sudah enak diajak jalan kemana-mana bahkan sudah aku bawa pulang kampung beberapa kali, mudah-mudahan si kodok dapat menemani keluargaku terus. Inilah ceritaku tentang si Kodok Ngorek, kalau ada lagi nanti disambung lagi.